Sabtu, 11 Desember 2010

Rahasia dibalik Sholawat

Bismillah Alhamdulillah Wasshalatu wassalamu 'ala Rasulillah wa 'alaa alihi wa ashabih ajma'in.

Wa ba'du.

Sekilas pandang Shalawat,dzikir dan Al-quran yang kita baca selama ini tidak menghasilkan apa-apa. kita baca ataupun tidak nggak ngefek di alam nyata.Jangan anggap Shalawat, Dzikir dan Al-quran yang kita baca tidak ada hasilnya. Amalan ini secara nyata memberikan faidah yang sangat besar dalam kehidupan kita sehari-hari.

Anggapan seperti diatas itu karena kita kurang memahami arti dan kedalaman ma'na dzikir yang kita baca. Terutama keminiman pengetahuan kita tentang Asrar/rahasia besar dibalik SHALAWAT atas Rasul Shallallahu 'alaihi wasallam. hendaknya kita kita belajar memahami kandungan Shalawat, Dzikir, dan Al-quran yang kita baca walau melalui buku-buku terjemah baik dari bahasa Inggris, jerman, Mandarin, Indonesia silahkan ,agar kita dapat menjiwai, mendalami dan menyelami kedalaman ma'nanya. Insya Allah dengan mengetahuinya kita bisa semakin semangat untuk meraih semua hikmah, dan fawaid shalawat atas rasul shallallahu 'alaihi wa sallam.amin

ibadah lisan dan hati yang paling indah dan elok adalah berShalawat, membaca Al-quran dan berdzikir. Untuk lebih dalamnya mari kita tengok sebagian hikmah dari bershalawat:

1- Mendapat kedudukan yang dekat dengan Rasulullah SAW.
"Barang siapa paling banyak membaca shalawat atasku, maka dialah yang paling dekat denganku kedudukannya" Sunanul kubro lil baihaqi.

Subhanallah Rasulullah adalah rasul yang paling mulia, berarti jika mendapat kedudukan yang dekat dengan Rasulullah adalah kedudukan yang sangat diharapkan oleh semua ummat.semoga kita tergolong dalam hadits ini allahumma Amin.

2- Rahmat dari Allah. Rahmat dari Allah adalah kasih sayang dari-Nya dan allah memujinya dihadapan para malaikat.
dalam riwayat imam Muslim :"Barang siapa bershalawat atasku satu kali maka allah akanbershalawat atasnya sepuluh kali".

Betapa ni'mat dan damainya diri kita dengan sekali bershalawat maka Allah akan membalut tubuh kita dengan sepuluh rahmatnya ini adalah anugera besar dari Allah...mari kita berlomba-lomba meraihnya...

3- Bersama-sama dengan Allah dan para malaikat dalam hal bershalawat atas Rasul Shallallahu 'alaihi wa sallam.dalam QS:al ahzab:56:

"Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nyabershalawat untuk Nabi, Hai Orang-orang yang berIman"bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya"

Allah, para Malaikat bershalawat kita juga ikut bershalawat bersama Allah dan Para Malaikat-malaikat Allah.

4-mendapat Syafaat/pertolongan.Dalam riwayat Atthabrani:

"Barang siapa membacakan shalawat atasku sepuluh kali diwaktu pagi dan sepuluh kali diwaktu sore maka dia akan mendapatkan syafaatku dihari kiyamat"

kondisi dihari kiyamat sangatlah membingungkan bukan hanya kita para nabi dan rasul saja tidak mampu berbuat apa-apa.bagaimana dengan kita maka harapan satu-satunya adalah Syafaat dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

5- Obat yang manjur dan doa yang terkabul
.jika doa kita dalam meminta kesehatan dibalut dengan Shalawat maka doa kita tidak akan pernah ditolak oleh Allah. Tidak sedikit Orang-orang Soleh yang doanya mustajab dan ketika ditanya "apa rahasianya?"jawabnya adalah perbanyak Shalawat atas Rasul SAW


dalam Jami attirmidzi:"Doa akan terhenti diantara lagit dan bumi,tidak naik darinya sedikitpun hingga kamu bacakan shalawat atas Nabimu"

bisa disimpulkan Shalawat sebagaimana habbatu assauda' yaitu obat dari segala penyakit.bisa dicoba pasti terbukti.

6- Semakin dikenal oleh Rasulullah SAW karena shalawat kita dalam selalu disampaikan kepada beliau SAW.
"Sesungguhnya sebaik-baik hari kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah bershalawat atas ku dihari itu. karena Shalawat kalian dihadapkan/haturkan kepadaku. Sahabat berkata:"Yaa Rasulallah Bagai mana mungkin shalawat kami di sampaikan kepada baginda sedangakan tubuh baginda telah hancur-lebur?".Rasulullah bersabda :"sesungguhnya Allah mengharamkan bagi bumi atas jasad para Nabi".

Hadits riwayat Abidawud, Annasa'i, Ibnu majah , Ibnu Huzaimah,ibnu Hibban Radiyallahu 'anhum ajma'in.

Semoga denga shalawat Rasul semakin mengenal kita, rindu kepada kita dan semoga Allah memberi kita rizqi Ziyarah kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dengan selamat lahir dan batin setiap tahun , sebagai wujud rindu kita kepada Rasul terCINTA amin amin Yaa rabbal "alamin

5- Terbukanya pintu Rizqi dan Ampunan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.berapa kali kita bershalawat atas Rasul SAW?...tidak terbatas. bahkan seorang mursyid dari Magrib saat ditanya "bagaimana dengan Muridul ahkhirah yang tidak menemukan mursyid di negaranya"beliau menjawab "Shalawat adalah MURSYIDUN LIMAN LAA MURSYIDA LAHU/ petunjuk bagi orang yang tidak menemukan penunjuk."dengan ber shalawat kita akan mengenal Rasul, Meniru akhlak Rasul dan meniru akhlak RASul Shallallahu 'alaihi wasallam adalah sebaik-baik TORIQOH/jalan menuju surga.

dalam sebuah Hadits:

Ubay bin Ka’ab meriwayatkan: Bila telah berlalu sepertiga malam Rasulullah saw berdiri seraya bersabda," Wahai manusia, berdzikirlah mengingat Allah, berdzikirlah mengingat Allah. Akan datang tiupan (sangkakala kiamat) pertama kemudian diiringi tiupan kedua. Akan datang kematian dan segala kesulitan yang ada di dalamnya."
Berkata Ubay," Wahai Raulullah, aku memperbanyak bershalawat atasmu, lantas berapa kadar banyaknya shalawat yang sebaiknya aku lakukan?"
Beliau saw menjawab," Berapa banyaknya terserah padamu."
Ubay berkata," Bagaimana kalau seperempat (dari seluruh doa yang aku panjatkan)?"
Beliau menjawab," Terserah padamu. Tetapi jika engkau menambah maka akan lebih baik lagi."
Ubay berkata," Bagaimana jika setengah?"
Beliau saw menjawab," Terserah padamu, tatapi jika engkah menambah maka akan lebih baik lagi."
Ubay berkata," Bagaimana jika duapertiga?"
Beliau saw menjawab,"Terserah padamu, tetapi jika engkau menambah maka akan lebih baik lagi."
Ubay berkata," Kalau demikian maka aku jadikan seluruh doaku adalah shalawat untukmu."
Bersabda Nabi saw," Jika demikian halnya maka akan tercukupi segala keinginanmu dan diampuni segala dosamu."

Wallahu a'lam bisshowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar